Fakta Seru tentang Anjing

Siapa yang nggak gemes sama anjing? Binatang lucu yang setia ini emang pantas dijuluki sahabat manusia. Dari jaman dulu banget, anjing udah nemenin kita dalam berbagai hal. Mau diajak kerja di sawah, bantu jagain rumah, nemenin main, atau jadi temen curhat, anjing selalu ada!

Ngomong-ngomong, tahukah kamu kalau ada sekitar 400 juta anjing di dunia? Wow, banyak banget ya! Nggak heran, soalnya ada ratusan ras anjing yang berbeda-beda. Bulldog yang gendut dan ngorok, German Shepherd yang gagah dan sigap, Collie yang pinter nggembala, Golden Retriever yang ceria dan aktif, St Bernard yang gede dan penyayang, Greyhound yang kenceng kayak mobil balap, Bloodhound yang jago ngendus jejak, Chihuahua yang mungil tapi pemberani, Labrador yang lembut dan pekerja keras, Great Dane yang tingginya kayak lemari es, Rottweiler yang kuat dan protektif, Boxer yang suka main, dan Cocker Spaniel yang jago berburu.

Bicara soal Labrador, ras ini ternyata yang paling populer di dunia lho! Pantes aja, mereka emang lembut, nurut, pinter, dan energinya kayak nggak abis-abis. Cocok banget diajak main sama anak-anak, bantu polisi, atau jadi penunjuk jalan buat orang buta.

Saking dekatnya sama manusia, anjing sampe dijuluki "sahabat manusia". Kita nggak cuma main dan kerja bareng sama mereka, tapi juga ikutan ngelatih mereka buat ikutan lomba adu tampan (kayak kontes kecantikan, tapi buat anjing!), lomba ketangkasan, lomba nurut, balapan, dan narik kereta salju. Keren, ya!

Ngomong-ngomong soal kehebatan anjing, ternyata mereka punya pendengaran yang super sensitif. Anjing bisa denger suara dengan frekuensi lebih tinggi dan jarak 4x lipat dibanding manusia! Hidung mereka juga nggak kalah jempolan. Anjing bisa bedain bau-bauan dengan konsentrasi 100 juta kali lebih rendah dari yang bisa kita cium!

Pinternya lagi, anjing cepet banget belajar dan ngerti banyak kata-kata sama gerakan manusia. Nggak heran kalau mereka bisa jadi asisten yang handal!

Oh iya, anjing Greyhound ternyata termasuk yang tercepat, lho! Mereka bisa lari sekenceng 72 km/jam! Keren banget, kan?

Secara umum, anjing hidup sekitar 10-14 tahun. Lumayan lama juga ya, buat nemenin kita dalam suka dan duka.

Buat orang yang hobi ngembangin biak anjing, mereka punya istilah-istilah khusus, lho. Anjing jantan disebut "jantan", anjing betina disebut "betina", anak anjing di bawah 1 tahun disebut "anak anjing", dan sekumpulan anak anjing disebut "anak".

Anjing termasuk omnivora, artinya mereka makan berbagai macam makanan, mulai dari gandum, sayur, sampai daging.

Gimana, makin gemes kan sama anjing setelah baca fakta-fakta ini? Yuk, sayangi dan rawat anjing kesayanganmu supaya mereka hidup bahagia bareng kita!

Komentar