Fakta Seru tentang Kucing

Gambar berbagai macam kucing lucu dan menggemaskan sedang bermain dan bersantai

Kucing udah jadi hewan peliharaan paling populer di dunia, lho! Ada lebih dari 500 juta kucing domestik yang hidup bareng manusia. Kucing dan manusia udah temenan sejak hampir 10.000 tahun yang lalu, keren kan? Nggak heran kalau kucing jago banget bikin kita nyaman. 

Kucing terkenal dengan hobinya tidur, rata-rata mereka tidur 13-14 jam sehari. Biar hemat energi, katanya sih. Tapi jangan salah, di balik kelesuannya, kucing punya badan yang lentur dan gigi tajam yang jago banget ngeburu hewan kecil kayak tikus dan kodok. 

Gambar kucing sedang berburu tikus dengan sigap

Sekelompok kucing disebut "klowder", kucing jantan disebut "tom", kucing betina disebut "molly" atau "queen", sedangkan anak kucing ya pasti disebut "kitten". Berat kucing domestik rata-rata sekitar 4-5 kilogram, tapi ada juga yang beratnya sampai 21 kilogram, wow!

Kucing jago banget ngendap-ngendap. Pas jalan, kaki belakang mereka nginjekin jejak kaki depan biar nggak ketahuan. Selain itu, mata kucing juga super duper peka sama gelap, 6 kali lebih baik dari mata manusia! Telinga dan penciuman mereka juga nggak kalah jago. 

Gambar kucing sedang mengintip dengan mata berbinar dan telinga waspada

Kucing bisa masuk ke tempat sempit karena tulang rusuknya yang lentur. Mereka juga jago memanjat dan berburu pake kuku yang bisa keluar-masuk. Kucing juga jago banget lompat, bisa sampe 5 kali panjang badannya sendiri! 

Kucing peliharaan suka banget main, apalagi kitten yang demen banget ngejar-ngejar mainan dan pura-pura berantem. Mainan kucing ini sebenarnya cara mereka latihan berburu dan bela diri. Kucing rata-rata hidup sekitar 12-15 tahun, lho! 

Gambar anak kucing sedang bermain dengan bola wol dan boneka tikus

Oh iya, kucing juga rajin banget ngelus-ngelusin bulunya biar bersih dan wangi. Kucing liar kadang dianggap mengganggu, tapi mereka penting buat menjaga keseimbangan ekosistem. 

Gimana, seru kan fakta-fakta tentang kucing? Jadi pengen peluk kucing kesayanganmu, nggak?


Komentar